PAI - Portal Android Indonesia - Menyediakan Sumber Daya - Anda harus selalu mengeksternalkan sumber daya aplikasi seperti gambar dan string dari kode , agar Anda bisa memeliharanya secara independen. Anda juga harus menyediakan sumber daya alternatif untuk konfigurasi perangkat tertentu, dengan mengelompokkannya dalam direktori sumber daya bernama khusus. Saat waktu proses, Android menggunakan sumber daya yang sesuai berdasarkan konfigurasi saat ini. Misalnya, Anda mungkin ingin menyediakan layout UI berbeda bergantung pada ukuran layar atau string berbeda bergantung pada setelan bahasa.
Setelah mengeksternalkan sumber daya aplikasi, Anda bisa mengaksesnya menggunakan ID sumber daya yang dibuat dalam kelas R proyek Anda. Cara menggunakan sumber daya dalam aplikasi dibahas dalam Mengakses Sumber Daya. Dokumen ini menampilkan cara mengelompokkan sumber daya dalam proyek Android Anda dan menyediakan sumber daya alternatif untuk konfigurasi perangkat tertentu.
Mengelompokkan Tipe Sumber Daya
Anda harus menempatkan setiap tipe sumber daya dalam subdirektori spesifik pada direktori res/ proyek. Misalnya, inilah hierarki file untuk proyek sederhana :MyProject/
src/
MyActivity.java
res/
drawable/
graphic.png
layout/
main.xml
info.xml
mipmap/
icon.png
values/
strings.xml
Seperti yang Anda lihat dalam contoh ini, direktori res/ berisi semua sumber daya (dalam subdirektori): satu sumber daya gambar, dua sumber daya layout, beberapa direktori mipmap/ untuk ikon peluncur, dan satu file sumber daya string. Nama direktori sumber daya penting dan dijelaskan dalam tabel 1
Catatan : Untuk informasi selengkapnya tentang menggunakan folder mipmap, lihat Mengelola Ringkasan Proyek.Tabel 1. Direktori sumber daya didukung dalam direktori res/ proyek.
Direktori | Tipe Sumber Daya |
---|---|
animator/ |
File XML yang mendefinisikan animasi properti. |
anim/ |
File XML yang mendefinisikan animasi
tween. (Animasi properti juga bisa disimpan dalam direktori ini, namun
direktori animator/ lebih disukai bagi animasi properti agar kedua tipe
ini dapat dibedakan.) |
color/ |
File XML yang mendefinisikan daftar status warna. Lihat Sumber Daya Daftar Status Warna |
drawable/ |
File bitmap (
Lihat Sumber Daya Dapat Digambar. |
mipmap/ |
File yang dapat digambar untuk beragam kepadatan ikon peluncur. Untuk informasi selengkapnya tentang
mengelola ikon peluncur dengan folder mipmap/ , lihat
Mengelola Ringkasan Proyek. |
layout/ |
File XML yang mendefinisikan layout antarmuka pengguna. Lihat Sumber Daya Layout. |
menu/ |
File XML yang mendefinisikan menu aplikasi, seperti Menu Opsi, Menu Konteks, atau Sub Menu. Lihat Sumber Daya Menu. |
raw/ |
File arbitrer yang akan disimpan dalam bentuk mentah. Untuk membuka sumber daya ini dengan
Akan tetapi, jika butuh akses ke nama file asal dan hierarki file, Anda bisa mempertimbangkan
untuk menyimpan beberapa sumber daya dalam direktori |
values/ |
File XML yang berisi nilai-nilai sederhana, seperti string, integer, dan warna. Karena file sumber daya XML dalam subdirektori Karena setiap sumber daya didefinisikan dengan elemen XML-nya sendiri, Anda bisa bebas menamai file ini dan menempatkan tipe sumber daya berbeda dalam satu file. Akan tetapi, agar jelas, Anda mungkin perlu menempatkan tipe sumber daya unik dalam file berbeda. Misalnya, berikut ini adalah beberapa ketentuan penamaan file untuk sumber daya yang dapat Anda buat dalam direktori ini:
Lihat Sumber Daya String, Sumber Daya Gaya, dan Tipe Sumber Daya Lainnya. |
xml/ |
File XML arbitrer yang bisa dibaca saat waktu proses dengan memanggil Resources. . Berbagai file konfigurasi XML
harus disimpan di sini, seperti konfigurasi yang dapat dicari.
|
Perhatian : Jangan menyimpan file sumber daya secara langsung dalam direktori res/—karena akan menyebabkan kesalahan compiler.Untuk informasi selengkapnya tentang tipe sumber daya tertentu, lihat dokumentasi Tipe Sumber Daya.
Sumber daya yang disimpan dalam subdirektori yang didefinisikan dalam tabel 1 adalah sumber daya "default" Anda. Berarti sumber daya ini mendefinisikan desain default dan materi untuk aplikasi Anda. Akan tetapi, beberapa tipe perangkat Android mungkin memanggil tipe sumber daya yang berbeda. Misalnya, jika perangkat memiliki layar yang lebih besar daripada layar normal, maka Anda harus menyediakan sumber daya layout berbeda yang memanfaatkan ruang layar yang lebih besar.
Atau, jika perangkat memiliki setelan bahasa berbeda, maka Anda harus menyediakan sumber daya string berbeda yang menerjemahkan teks dalam antarmuka pengguna Anda. Untuk menyediakan sumber daya berbeda ini bagi konfigurasi perangkat yang berbeda, Anda harus menyediakan sumber daya alternatif, selain sumber daya default.
Menyediakan Sumber Daya Alternatif
Hampir setiap aplikasi harus menyediakan sumber daya alternatif untuk mendukung konfigurasi perangkat tertentu. Misalnya, Anda harus menyertakan sumber daya dapat digambar alternatif untuk kepadatan layar berbeda dan sumber daya string alternatif untuk bahasa yang berbeda. Saat waktu proses, Android akan mendeteksi konfigurasi perangkat aktif dan memuat sumber daya yang sesuai untuk aplikasi Anda.Untuk menyebutkan alternatif konfigurasi tertentu untuk satu set sumber daya :
- Buat direktori baru dalam res/ yang dinamai dalam bentuk <resources_name>-<config_qualifier>.
- <resources_name> adalah nama direktori sumber daya default terkait (yang didefinisikan dalam tabel 1).
- <qualifier> adalah nama yang menetapkan konfigurasi individual yang akan digunakan sumber daya ini (yang didefinisikan dalam tabel 2).
- Anda bisa menambahkan lebih dari satu <qualifier>. Pisahkan masing-masing dengan tanda hubung.
- Simpan masing-masing sumber daya alternatif dalam direktori baru ini. File sumber daya harus dinamai sama persis dengan file sumber daya default.
Perhatian : Saat menambahkan beberapa qualifier, Anda harus menempatkannya dalam urutan yang sama dengan yang tercantum dalam tabel 2. Jika urutan qualifier salah, sumber daya akan diabaikan.
res/
drawable/
icon.png
background.png
drawable-hdpi/
icon.png
background.png
Qualifier hdpi menunjukkan bahwa sumber daya dalam direktori itu diperuntukkan bagi perangkat dengan layar kepadatan tinggi. Gambar di masing-masing direktori sumber daya dapat digambar memiliki ukuran untuk kepadatan layar tertentu, namun nama filenya persis sama. Dengan demikian, ID sumber daya yang Anda gunakan untuk mereferensikan gambar icon.png atau background.png selalu sama, namun Android memilih versi masing-masing sumber daya yang paling cocok dengan perangkat saat ini, dengan membandingkan informasi konfigurasi perangkat dengan qualifier dalam nama direktori sumber daya.Android mendukung beberapa qualifier konfigurasi dan Anda dapat menambahkan beberapa qualifier ke satu nama direktori, dengan memisahkan setiap qualifier dengan tanda hubung. Tabel 2 berisi daftar qualifier konfigurasi yang valid, dalam urutan prioritas—jika Anda menggunakan beberapa qualifier sebagai direktori sumber daya, Anda harus menambahkannya ke nama direktori sesuai urutan yang tercantum dalam tabel.
Tabel 2. Nama-nama qualifier konfigurasi.
Konfigurasi | Nilai-nilai Qualifier | Keterangan |
---|---|---|
MCC dan MNC | Contoh:mcc310
mcc208-mnc00 dll. |
Kode negara seluler (MCC), bisa diikuti dengan kode jaringan seluler (MNC)
dari kartu SIM dalam perangkat. Misalnya, Jika perangkat menggunakan koneksi radio (ponsel GSM), nilai-nilai MCC dan MNC berasal dari kartu SIM. Anda juga dapat menggunakan MCC saja (misalnya, untuk menyertakan sumber daya legal spesifik untuk negara itu di aplikasi Anda). Jika Anda perlu menetapkan hanya berdasarkan bahasa, maka gunakan qualifier bahasa dan region sebagai gantinya (akan dibahas nanti). Jika Anda memutuskan untuk menggunakan qualifier MCC dan MNC, Anda harus melakukannya dengan hati-hati dan menguji apakah qualifier itu berjalan sesuai harapan. Lihat juga bidang konfigurasi |
Bahasa dan wilayah | Contoh:en fr en-rUS fr-rFR fr-rCA dll. |
Bahasa didefinisikan oleh kode bahasa dua huruf ISO
639-1, bisa juga diikuti dengan kode region
dua huruf ISO
3166-1-alpha-2 (diawali dengan huruf kecil "
Kode tidak membedakan huruf besar atau kecil; awalan Ini bisa berubah selama masa pakai aplikasi Anda jika pengguna mengubah bahasanya dalam setelan sistem. Lihat Menangani Perubahan Waktu Proses untuk informasi tentang bagaimana hal ini dapat memengaruhi aplikasi Anda selama waktu proses. Lihat Pelokalan untuk panduan lengkap melokalkan aplikasi Anda ke bahasa lain. Lihat juga bidang konfigurasi |
Arah Layout | ldrtl ldltr |
Arah layout aplikasi Anda. Ini bisa berlaku untuk sumber daya mana pun seperti layout, sumber daya dapat digambar, atau nilai-nilai. Misalnya, jika Anda ingin memberikan beberapa layout khusus untuk bahasa Arab dan beberapa layout umum untuk setiap bahasa lainnya yang menggunakan "kanan-ke-kiri" lainnya (seperti bahasa Persia atau Ibrani) maka Anda akan memiliki:
Catatan : Untuk mengaktifkan fitur layout kanan-ke-kiri untuk aplikasi, Anda harus menyetel Ditambahkan dalam API level 17. |
smallestWidth | sw<N>dp Contoh: sw320dp sw600dp sw720dp dll. |
Ukuran dasar layar, sebagaimana yang ditunjukkan oleh dimensi terpendek dari area layar
yang tersedia. Khususnya, smallestWidth perangkat adalah yang terpendek dari
tinggi dan lebar layar yang tersedia (Anda dapat menganggapnya sebagai "lebar terkecil yang memungkinkan" untuk layar). Anda bisa
menggunakan qualifier ini untuk memastikan bahwa, apa pun orientasi layar saat ini, aplikasi
Anda memiliki paling tidak Misalnya, jika layout mengharuskan dimensi layar terkecilnya setiap saat paling tidak
600 dp, maka Anda bisa menggunakan qualifer ini untuk membuat sumber daya layout, SmallestWidth perangkat memperhitungkan dekorasi layar dan UI sistem. Misalnya , jika perangkat memiliki beberapa elemen UI persisten pada layar yang menghitung ruang di sepanjang sumbu smallestWidth, sistem akan mendeklarasikan smallestWidth lebih kecil daripada ukuran layar sebenarnya, karena piksel layar itu tidak tersedia untuk UI Anda. Sehingga nilai yang Anda gunakan haruslah merupakan dimensi terkecil sebenarnya yang diperlukan oleh layout Anda (biasanya, nilai ini adalah "lebar terkecil" yang didukung layout Anda, apa pun orientasi layar saat ini). Sebagian nilai yang mungkin Anda gunakan di sini untuk ukuran layar umum:
Bila aplikasi Anda menyediakan beberapa direktori sumber daya dengan nilai yang berbeda untuk qualifier smallestWidth terkecil, sistem akan menggunakan nilai terdekat dengan (tanpa melebihi) smallestWidth perangkat. Ditambahkan dalam API level 13. Lihat juga atribut Untuk informasi selengkapnya tentang mendesain untuk layar berbeda dan menggunakan qualifier ini, lihat panduan developer Mendukung Multi Layar. |
Lebar yang tersedia | w<N>dp Contoh: w720dp w1024dp dll. |
Menetapkan lebar layar minimum yang tersedia, di satuan Bila aplikasi Anda menyediakan beberapa direktori sumber daya dengan nilai yang berbeda untuk konfigurasi ini, sistem akan menggunakan nilai terdekat dengan (tanpa melebihi) lebar layar perangkat saat ini. Nilai di sini memperhitungkan dekorasi layar akun, jadi jika perangkat memiliki beberapa elemen UI persisten di tepi kiri atau kanan, layar menggunakan nilai lebar yang lebih kecil daripada ukuran layar sebenarnya, yang memperhitungkan elemen UI ini dan mengurangi ruang aplikasi yang tersedia. Ditambahkan dalam API level 13. Lihat juga bidang konfigurasi Untuk informasi selengkapnya tentang mendesain untuk layar berbeda dan menggunakan qualifier ini, lihat panduan developer Mendukung Multi Layar. |
Tinggi yang tersedia | h<N>dp Contoh: h720dp h1024dp dll. |
Menetapkan tinggi layar minimum yang tersedia, dalam satuan "dp" yang harus digunakan
sumber daya —bersama nilai yang didefinisikan oleh Bila aplikasi menyediakan beberapa direktori sumber daya dengan nilai yang berbeda untuk konfigurasi ini, sistem akan menggunakan nilai yang terdekat dengan (tanpa melebihi) tinggi layar perangkat saat ini. Nilai di sini memperhitungkan dekorasi layar akun, jadi jika perangkat memiliki beberapa elemen UI persisten di tepi atas atau bawah, layar akan menggunakan nilai tinggi yang lebih kecil daripada ukuran layar sebenarnya, memperhitungkan elemen UI ini dan mengurangi ruang aplikasi yang tersedia. Dekorasi layar yang tidak tetap (misalnya bilah status (status-bar) ponsel yang bisa disembunyikan saat layar penuh) di sini tidak diperhitungkan, demikian pula dekorasi jendela seperti bilah judul atau bilah aksi, jadi aplikasi harus disiapkan untuk menangani ruang yang agak lebih kecil daripada yang ditetapkan. Ditambahkan dalam API level 13. Lihat juga bidang konfigurasi Untuk informasi selengkapnya tentang mendesain untuk layar berbeda dan menggunakan qualifier ini, lihat panduan developer Mendukung Multi Layar. |
Ukuran layar |
small normal large xlarge
|
Catatan : Menggunakan qualifier ukuran tidak berarti bahwa sumber daya hanya untuk layar ukuran itu saja. Jika Anda tidak menyediakan sumber daya alternatif dengan qualifier yang lebih cocok dengan konfigurasi perangkat saat ini, sistem dapat menggunakan sumber daya mana saja yang paling cocok. Ditambahkan dalam API level 4. Lihat Mendukung Beberapa Layar untuk informasi selengkapnya. Lihat juga bidang konfigurasi |
Aspek layar |
long notlong
|
Ditambahkan dalam API level 4. Ini berdasarkan sepenuhnya pada rasio aspek layar (layar "panjang" lebih lebar). Ini tidak ada kaitannya dengan orientasi layar. Lihat juga bidang konfigurasi |
Layar bulat |
round notround
|
Ditambahkan dalam API level 23. Lihat juga metode konfigurasi |
Orientasi layar |
port land
|
Ini bisa berubah selama masa pakai aplikasi Anda jika pengguna memutar layar. Lihat Menangani Perubahan Waktu Proses untuk informasi tentang bagaimana hal ini memengaruhi aplikasi Anda selama waktu proses. Lihat juga bidang konfigurasi |
Mode UI |
car desk television |
Ditambahkan dalam API level 8, televisi ditambahkan dalam API 13, jam ditambahkan dalam API 20. Untuk informasi tentang cara aplikasi merespons saat perangkat dimasukkan ke dalam atau dilepaskan dari dok-nya, bacalah Menentukan dan Memantau Kondisi dan Tipe Dok. Ini bisa berubah selama masa pakai aplikasi jika pengguna menempatkan perangkat di
dok. Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan sebagian mode ini menggunakan |
Mode malam |
night notnight
|
Ditambahkan dalam API level 8. Ini bisa berubah selama masa pakai aplikasi jika mode malam dibiarkan dalam
mode otomatis (default), dalam hal ini perubahan mode berdasarkan pada waktu hari. Anda dapat mengaktifkan
atau menonaktifkan mode ini menggunakan |
Kepadatan piksel layar (dpi) |
ldpi mdpi hdpi xhdpi xxhdpi xxxhdpi nodpi tvdpi anydpi
|
Terdapat rasio skala 3:4:6:8:12:16 antara enam kepadatan utama (dengan mengabaikan kepadatan tvdpi). Jadi bitmap 9x9 di ldpi adalah 12x12 di mdpi, 18x18 di hdpi, 24x24 di xhdpi dan seterusnya. Jika Anda memutuskan bahwa sumber daya gambar tidak terlihat cukup baik di televisi atau perangkat tertentu lainnya dan ingin mencoba sumber daya tvdpi, faktor skalanya adalah 1,33*mdpi. Misalnya, gambar 100px x 100px untuk layar mdpi harus 133px x 133px untuk tvdpi. Catatan : Menggunakan qualifier kepadatan tidak berarti bahwa sumber daya hanya untuk layar dengan ukuran itu saja. Jika Anda tidak menyediakan sumber daya alternatif dengan qualifier yang lebih cocok dengan konfigurasi perangkat saat ini, sistem dapat menggunakan sumber daya mana saja yang paling cocok. Lihat Mendukung Beberapa Layar untuk informasi selengkapnya tentang cara menangani kepadatan layar yang berbeda dan cara Android menurunkan skala bitmap Anda agar sesuai dengan kepadatan saat ini. |
Tipe layar sentuh |
notouch finger
|
Lihat juga bidang konfigurasi |
Ketersediaan keyboard |
keysexposed keyshidden keyssoft
|
Jika Anda menyediakan sumber daya Ini bisa berubah selama masa pakai aplikasi jika pengguna membuka keyboard fisik. Lihat Menangani Perubahan Waktu Proses untuk informasi tentang bagaimana hal ini memengaruhi aplikasi Anda selama waktu proses. Lihat juga bidang konfigurasi |
Metode masukan teks utama |
nokeys qwerty 12key
|
Lihat juga bidang konfigurasi |
Ketersediaan tombol navigasi |
navexposed navhidden
|
Ini bisa berubah selama masa pakai aplikasi jika pengguna menyingkap tombol navigasi. Lihat Menangani Perubahan Waktu Proses untuk informasi tentang bagaimana hal ini memengaruhi aplikasi Anda selama waktu proses. Lihat juga bidang konfigurasi |
Metode navigasi non-sentuh utama |
nonav dpad trackball wheel
|
Lihat juga bidang konfigurasi |
Versi Platform (API level) | Contoh:v3 v4 v7 dll. |
Level API yang didukung perangkat. Misalnya, |
Catatan : Sebagian qualifier konfigurasi telah ditambahkan sejak Android 1.0, jadi tidak semua versi Android mendukung semua qualifier. Menggunakan qualifier baru secara implisit akan menambahkan qualifier versi platform sehingga perangkat yang lebih lama pasti mengabaikannya. Misalnya, menggunakan qualifier w600dp secara otomatis akan menyertakan qualifier v13, karena qualifier lebar yang tersedia baru di API level 13. Untuk menghindari masalah, selalu sertakan satu set sumber daya default (satu set sumber daya tanpa qualifier). Untuk informasi selengkapnya, lihat bagian tentang Menyediakan Kompatibilitas Perangkat Terbaik dengan Sumber Daya.
Aturan penamaan qualifier
Inilah beberapa aturan tentang penggunaan nama qualifier konfigurasi :- Anda bisa menetapkan beberapa qualifier untuk satu set sumber daya, yang dipisahkan dengan tanda hubung. Misalnya,
drawable-en-rUS-land
berlaku untuk perangkat bahasa Inggris-AS dalam orientasi lanskap. - Qualifier harus dalam urutan seperti yang tercantum dalam tabel 2. Misalnya:
- Salah:
drawable-hdpi-port/
- Benar:
drawable-port-hdpi/
- Salah:
- Direktori sumber daya alternatif tidak bisa digunakan. Misalnya, Anda tidak bisa memiliki
res/drawable/drawable-en/
. - Nilai tidak membedakan huruf besar maupun kecil. Compiler sumber daya mengubah nama direktori menjadi huruf kecil sebelum pemrosesan untuk menghindari masalah pada sistem file yang membedakan huruf kecil dan besar. Setiap penggunaan huruf besar dalam nama hanyalah demi keterbacaan.
- Hanya didukung satu nilai untuk setiap tipe qualifier. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan
file sumber daya dapat digambar yang sama untuk Spanyol dan Prancis, Anda tidak bisa memiliki direktori bernama
drawable-rES-rFR/
. Sebagai gantinya, Anda perlu dua direktori sumber daya, sepertidrawable-rES/
dandrawable-rFR/
, berisi file yang sesuai. Akan tetapi, Anda tidak harus benar-benar menggandakan file yang sama di kedua lokasi. Sebagai gantinya, Anda bisa membuat alias ke satu sumber daya. Lihat Membuat sumber daya alias di bawah ini.
Membuat sumber daya alias
Bila memiliki sumber daya yang ingin Anda gunakan untuk lebih dari satu konfigurasi perangkat (namun tidak ingin menyediakannya sebagai sumber daya default), Anda tidak perlu menempatkan sumber daya yang sama di lebih dari satu direktori sumber daya alternatif. Sebagai gantinya, (dalam beberapa kasus) Anda bisa membuat sumber daya alternatif yang berfungsi sebagai alias untuk sumber daya yang disimpan dalam direktori sumber daya default.Catatan : Tidak semua sumber daya menawarkan mekanisme yang memungkinkan Anda membuat alias ke sumber daya lain. Khususnya, sumber daya animasi, menu, mentah, dan sumber daya lain yang tidak ditetapkan dalam direktori xml/ tidak menawarkan fitur ini.Misalnya, bayangkan Anda memiliki ikon aplikasi,
icon.png
, dan membutuhkan versi unik
untuk lokal berbeda. Akan tetapi, dua lokal, bahasa Inggris-Kanada dan bahasa Prancis-Kanada, harus menggunakan
versi yang sama. Anda mungkin berasumsi bahwa Anda perlu menyalin gambar
yang sama ke dalam direktori sumber daya baik untuk bahasa Inggris-Kanada maupun bahasa Prancis-Kanada, namun
bukan demikian. Sebagai gantinya, Anda bisa menyimpan gambar yang sama-sama digunakan sebagai icon_ca.png
(nama
apa saja selain icon.png
) dan memasukkannya
dalam direktori default res/drawable/
. Kemudian buat file icon.xml
dalam res/drawable-en-rCA/
dan res/drawable-fr-rCA/
yang mengacu ke sumber daya icon_ca.png
yang menggunakan elemen <bitmap>
. Hal ini memungkinkan Anda menyimpan satu versi saja dari
file PNG dan dua file XML kecil yang menunjuk ke sana. (Contoh file XML ditampilkan di bawah.)#1. Dapat digambar
Untuk membuat alias ke sumber daya dapat digambar yang ada, gunakan elemen <bitmap>. Misalnya :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<bitmap xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:src="@drawable/icon_ca" />
Jika Anda menyimpan file ini sebagai icon.xml
(dalam direktori sumber daya alternatif, seperti
res/drawable-en-rCA/
), maka file akan dikompilasi menjadi sumber daya yang bisa Anda referensikan
sebagai R.drawable.icon
, namun sebenarnya merupakan alias untuk sumber daya R.drawable.icon_ca
(yang disimpan dalam res/drawable/
).#2. Layout
Untuk membuat alias ke layout yang ada, gunakan elemen
,<include>
yang dibungkus dalam <merge>
. Misalnya :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<merge>
<include layout="@layout/main_ltr"/>
</merge>
Jika Anda menyimpan file ini sebagai main.xml
, file akan dikompilasi menjadi sumber daya yang bisa Anda referensikan
sebagai R.layout.main
, namun sebenarnya merupakan alias untuk sumber daya R.layout.main_ltr
.#3. String dan nilai-nilai sederhana lainnya
Untuk membuat alias ke string yang ada, cukup gunakan ID sumber daya dari string yang diinginkan sebagai nilai untuk string baru. Misalnya :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
<string name="hello">Hello</string>
<string name="hi">@string/hello</string>
</resources>
Sumber daya R.string.hi
sekarang merupakan alias untuk R.string.hello
. Nilai sederhana lainnya sama cara kerjanya. Misalnya, sebuah warna :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
<color name="red">#f00</color>
<color name="highlight">@color/red</color>
</resources>
Menyediakan Kompatibilitas Perangkat Terbaik dengan Sumber Daya
Agar aplikasi Anda mendukung beberapa konfigurasi perangkat, Anda harus selalu menyediakan sumber daya default untuk setiap tipe sumber daya yang menggunakan aplikasi Anda.Misalnya, jika aplikasi Anda mendukung beberapa bahasa, sertakan selalu direktori values/ (tempat string Anda disimpan) tanpa qualifier bahasa dan region. Jika sebaliknya Anda menempatkan semua file string dalam direktori yang memiliki qualifier bahasa dan region, maka aplikasi Anda akan mogok saat berjalan pada perangkat yang telah diatur ke bahasa yang tidak didukung string Anda. Namun asalkan Anda menyediakan sumber daya default values/, aplikasi akan berjalan lancar (meskipun pengguna tidak memahami bahasa itu—ini lebih baik daripada mogok).
Demikian pula, jika Anda menyediakan sumber daya layout berbeda berdasarkan orientasi layar, Anda harus memilih satu orientasi sebagai default. Misalnya, sebagai ganti menyediakan sumber daya layout dalam layout-land/ untuk lanskap dan layout-port/ untuk potret, biarkan salah satu sebagai default, seperti layout/ untuk lanskap dan layout-port/ untuk potret.
Sumber daya default perlu disediakan bukan hanya karena aplikasi mungkin berjalan pada konfigurasi yang belum Anda antisipasi, namun juga karena versi baru Android terkadang menambahkan qualifier konfigurasi yang tidak didukung oleh versi lama. Jika Anda menggunakan qualifier sumber daya baru, namun mempertahankan kompatibilitas kode dengan versi Android yang lebih lama, maka saat versi lama Android menjalankan aplikasi, aplikasi itu akan mogok jika Anda tidak menyediakan sumber daya default, aplikasi tidak bisa menggunakan sumber daya yang dinamai dengan qualifier baru.
Misalnya, jika minSdkVersion disetel ke 4, dan Anda memenuhi syarat semua sumber daya yang dapat digambar dengan menggunakan mode malam (night atau notnight, yang ditambahkan di API Level 8), maka perangkat API level 4 tidak bisa mengakses sumber daya yang dapat digambar dan akan mogok. Dalam hal ini, Anda mungkin ingin notnight menjadi sumber daya default, jadi Anda harus mengecualikan qualifier itu agar sumber daya yang dapat digambar ada dalam drawable/ atau drawable-night/.
Jadi, agar bisa menyediakan kompatibilitas perangkat terbaik, sediakan selalu sumber daya default untuk sumber daya yang diperlukan aplikasi Anda untuk berjalan dengan benar. Selanjutnya buatlah sumber daya alternatif untuk konfigurasi perangkat tertentu dengan menggunakan qualifier konfigurasi.
Ada satu pengecualian untuk aturan ini: Jika minSdkVersion aplikasi adalah 4 atau lebih, Anda tidak memerlukan sumber daya default yang dapat digambar saat menyediakan sumber daya alternatif yang dapat digambar dengan qualifier kepadatan layar. Tanpa sumber daya dapat digambar default sekali pun, Android bisa menemukan yang paling cocok di antara kepadatan layar alternatif dan menskalakan bitmap sesuai kebutuhan. Akan tetapi, demi pengalaman terbaik pada semua jenis perangkat, Anda harus menyediakan sumber daya dapat digambar alternatif untuk ketiga tipe kepadatan.
Cara Android Menemukan Sumber Daya yang Paling Cocok
Saat Anda meminta sumber daya yang Anda berikan alternatifnya, Android akan memilih sumber daya alternatif yang akan digunakan saat waktu proses, bergantung pada konfigurasi perangkat saat ini. Untuk mendemonstrasikan cara Android memilih sumber daya alternatif, anggaplah direktori sumber daya dapat digambar berikut masing-masing berisi versi berbeda dari gambar yang sama :drawable/
drawable-en/
drawable-fr-rCA/
drawable-en-port/
drawable-en-notouch-12key/
drawable-port-ldpi/
drawable-port-notouch-12key/
Dan anggaplah yang berikut ini merupakan konfigurasi perangkatnya :
Lokal = en-GBDengan membandingkan konfigurasi perangkat dengan sumber daya alternatif yang tersedia, Android akan memilih yang dapat digambar dari drawable-en-port.
Orientasi layar = port
Kepadatan piksel layar = hdpi
Tipe layar sentuh = notouch
Metode masukan teks utama = 12key
Sistem akan menentukan keputusannya mengenai sumber daya yang akan digunakan dengan logika berikut :
- Menghapus file sumber daya yang bertentangan dengan konfigurasi perangkat.
Direktori
drawable-fr-rCA/
dihapus karena bertentangan dengan lokalen-GB
.drawable/ drawable-en/ drawable-fr-rCA/ drawable-en-port/ drawable-en-notouch-12key/ drawable-port-ldpi/ drawable-port-notouch-12key/
Pengecualian : Kepadatan piksel layar adalah satu qualifier yang tidak dihapus karena bertentangan. Meskipun kepadatan layar perangkat adalah hdpi,
drawable-port-ldpi/
tidak dihapus karena setiap kepadatan layar dianggap cocok untuk saat ini. Informasi selengkapnya tersedia dalam dokumen Mendukung Beberapa Layar. - Pilih qualifier prioritas (berikutnya) dalam daftar (tabel 2). (Mulai dengan MCC, lalu pindah ke bawah.)
- Apakah salah satu direktori sumber daya menyertakan qualifier ini?
- Jika Tidak, kembali ke langkah 2 dan lihat qualifier berikutnya. (Dalam contoh, jawabannya adalah "tidak" hingga qualifier bahasa tercapai.)
- Jika Ya, lanjutkan ke langkah 4.
- Hapus direktori sumber daya yang tidak menyertakan qualifier ini. Dalam contoh, sistem menghapus semua direktori yang tidak menyertakan qualifier bahasa:
- Kembali dan ulangi langkah 2, 3, dan 4 hingga tersisa satu direktori. Dalam contoh ini, orientasi
layar adalah qualifier berikutnya yang memiliki kecocokan.
Jadi, sumber daya yang tidak menetapkan orientasi layar akan dihapus:
drawable-en/ drawable-en-port/ drawable-en-notouch-12key/
Direktori yang tersisa adalah
drawable-en-port
.
drawable/
drawable-en/
drawable-en-port/
drawable-en-notouch-12key/
drawable-port-ldpi/
drawable-port-notouch-12key/
Pengecualian : Jika qualifier yang dimaksud adalah kepadatan piksel layar, Android akan memilih opsi yang paling cocok dengan kepadatan layar perangkat. Secara umum, Android lebih suka menurunkan skala gambar asli yang lebih besar daripada menaikkan skala atas gambar asli yang lebih kecil. Lihat Mendukung Beberapa Layar.
Saat memilih sumber daya berdasarkan qualifier ukuran layar, sistem akan menggunakan sumber daya yang didesain untuk layar yang lebih kecil daripada layar saat ini jika tidak ada sumber daya yang lebih cocok (misalnya, layar ukuran besar akan menggunakan sumber daya layar ukuran normal jika diperlukan). Akan tetapi, jika satu-satunya sumber daya yang tersedia lebih besar daripada layar saat ini, sistem tidak akan menggunakannya dan aplikasi Anda akan mogok jika tidak ada sumber daya lain yang cocok dengan konfigurasi perangkat (misalnya, jika semua sumber daya layout ditandai dengan qualifier xlarge, namun perangkat memiliki ukuran layar normal).
Catatan : Prioritas qualifier (dalam tabel 2) lebih penting daripada jumlah qualifier yang benar-benar pas dengan perangkat. Misalnya, dalam langkah 4 di atas, pilihan terakhir pada daftar berisi tiga qualifier yang bebar-benar cocok dengan perangkat (orientasi, tipe layar sentuh, dan metode masukan), sementara drawable-en hanya memiliki satu parameter yang cocok (bahasa). Akan tetapi, bahasa memiliki prioritas lebih tinggi daripada qualifier lainnya, sehingga drawable-port-notouch-12key tidak masuk.Untuk mengetahui selengkapnya tentang cara menggunakan sumber daya dalam aplikasi, lanjutkan ke Mengakses Sumber Daya.