Sunday, May 27, 2018

Mengakses Sumber Daya

Title : Mengakses Sumber Daya » Publish By : PAI - Portal Android Indonesia (Admin: Deris_07) » Rating : 95,9 Out of 100

Posts Terkait : Mengakses Sumber Daya

PAI - Portal Android Indonesia - Mengakses Sumber Daya - Setelah menyediakan sumber daya dalam aplikasi Anda (yang dibahas di Menyediakan Sumber Daya), Anda bisa menerapkannya dengan mengacu ID sumber dayanya. Semua ID sumber daya didefinisikan di kelas R proyek Anda, yang dihasilkan oleh alat aapt secara otomatis.

Bila aplikasi Anda telah dikompilasi, aapt akan menghasilkan kelas R, yang berisi ID sumber daya untuk semua sumber daya dalam direktori res/ Anda. Untuk masing-masing tipe sumber daya, ada subkelas R (misalnya, R.drawable untuk semua sumber daya yang dapat digambar), dan untuk masing-masing sumber daya bertipe itu, ada satu integer statis (misalnya, R.drawable.icon). Integer ini adalah ID sumber daya yang bisa Anda gunakan untuk mengambil sumber daya.

Mengakses Sumber Daya

Walaupun kelas R adalah tempat menetapkan ID sumber daya, Anda tidak perlu melihat ke sana untuk menemukan ID sumber daya. ID sumber daya selalu terdiri dari :
  • Tipe sumber daya: Masing-masing sumber daya dikelompokkan menjadi "tipe", misalnya string, drawable, dan layout. Untuk mengetahui selengkapnya tentang berbagai tipe, lihat Tipe Sumber Daya.
  • Nama sumber daya, bisa berupa: nama file, tidak termasuk ekstensi; atau nilai dalam atribut android:name XML, jika sumber daya itu sebuah nilai sederhana (misalnya sebuah string).
Ada dua cara untuk mengakses sumber daya :
  • Dalam kode: Menggunakan integer statis dari subkelas dari kelas R, misalnya:
    R.string.hello

    string adalah tipe sumber daya dan hello adalah nama sumber daya. Ada banyak Android API yang bisa mengakses sumber daya Anda bila Anda menyediakan ID sumber daya dengan format ini. Lihat Mengakses Sumber Daya dalam Kode.

  • Dalam XML: Menggunakan sebuah sintaks XML khusus yang juga berkaitan dengan ID sumber daya yang didefinisikan dalam kelas R, misalnya:
    @string/hello

    string adalah tipe sumber daya dan hello adalah nama sumber daya. Anda bisa menggunakan sintaks ini dalam sumber daya XML di mana saja Anda ingin menyediakan sebuah nilai dalam sebuah sumber daya. Lihat Mengakses Sumber Daya dari XML.

Mengakses Sumber Daya dalam Kode

Anda bisa menggunakan sumber daya dalam kode dengan menyalurkan ID sumber daya sebagai sebuah parameter metode. Misalnya, Anda bisa menyetel ImageView agar menggunakan sumber daya res/drawable/myimage.png dengan menggunakan setImageResource() :

ImageView imageView = (ImageView) findViewById(R.id.myimageview);
imageView.setImageResource(R.drawable.myimage);
Anda juga bisa mengambil tiap sumber daya dengan menggunakan berbagai metode di Resources, di mana Anda bisa mendapatkan instance dengan getResources().

Akses ke File Asli

Walaupun tidak lazim, Anda mungkin perlu mengakses file dan direktori asli. Jika demikian, maka menyimpan file Anda di res/ tidak akan berhasil, karena satu-satunya cara untuk membaca sumber daya dari res/ adalah dengan ID sumber daya. Sebagai gantinya, Anda bisa menyimpan sumber daya dalam direktori assets/.

File yang disimpan di direktori assets/ tidak diberi ID sumber daya, sehingga Anda tidak bisa mereferensikannya melalui kelas R atau dari sumber daya XML. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan kueri file di direktori assets/ seperti sebuah sistem file biasa dan membaca data mentah dengan menggunakan AssetManager.

Akan tetapi, jika yang Anda butuhkan hanya kemampuan membaca data mentah (misalnya sebuah file video atau audio), maka simpanlah file itu di direktori res/raw/ dan baca aliran byte dengan menggunakan openRawResource().

Sintaks

Inilah sintaks untuk mengacu sumber daya dalam kode :

[<package_name>.]R.<resource_type>.<resource_name>
  • <package_name> adalah nama paket yang di dalamnya terdapat sumber daya (tidak dibutuhkan bila mereferensikan sumber daya dari paket Anda sendiri).
  • <resource_type> adalah subkelas R untuk tipe sumber daya.
  • <resource_name> bisa berupa nama file sumber daya tanpa ekstensi atau nilai atribut android:name dalam elemen XML (untuk nilai sederhana).
Lihat Tipe Sumber Daya untuk informasi selengkapnya tentang masing-masing tipe sumber daya dan cara mengacunya.

Kasus penggunaan

Ada banyak metode yang menerima parameter ID sumber daya dan Anda bisa mengambil sumber daya dengan menggunakan metode di Resources. Anda bisa mengambil instance Resources dengan Context.getResources().

Berikut adalah beberapa contoh cara mengakses sumber daya dalam kode :

// Load a background for the current screen from a drawable resource
getWindow().setBackgroundDrawableResource(R.drawable.my_background_image) ;

// Set the Activity title by getting a string from the Resources object, because
//  this method requires a CharSequence rather than a resource ID
getWindow().setTitle(getResources().getText(R.string.main_title));

// Load a custom layout for the current screen
setContentView(R.layout.main_screen);

// Set a slide in animation by getting an Animation from the Resources object
mFlipper.setInAnimation(AnimationUtils.loadAnimation(this,
        R.anim.hyperspace_in));

// Set the text on a TextView object using a resource ID
TextView msgTextView = (TextView) findViewById(R.id.msg);
msgTextView.setText(R.string.hello_message);
Perhatian : Anda tidak boleh memodifikasi file R.java secara manual—, ini dihasilkan oleh alat aapt bila proyek Anda telah dikompilasi. Perubahan apa pun akan ditimpa bila nanti Anda mengompilasi.

Mengakses Sumber Daya dari XML

Anda bisa mendefinisikan nilai untuk beberapa atribut dan elemen XML dengan menggunakan acuan ke sumber daya yang ada. Anda akan sering melakukannya saat membuat file layout, untuk memasok string dan gambar bagi widget Anda.

Misalnya, jika Anda menambahkan sebuah Button ke layout, Anda harus menggunakan sebuah sumber daya string bagi teks tombolnya :

<Button
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="wrap_content"
    android:text="@string/submit" />

Sintaks

Berikut adalah sintaks untuk mengacu sumber daya di sumber daya XML :

@[<package_name>:]<resource_type>/<resource_name>
  • <package_name> adalah nama paket yang di dalamnya terdapat sumber daya (tidak dibutuhkan bila mereferensikan sumber daya dari paket yang sama)
  • <resource_type> adalah subkelas R untuk tipe sumber daya
  • <resource_name> bisa berupa nama file sumber daya tanpa ekstensi atau nilai atribut android:name dalam elemen XML (untuk nilai sederhana).
Lihat Tipe Sumber Daya untuk informasi selengkapnya tentang masing-masing tipe sumber daya dan cara mengacunya.

Kasus penggunaan

Dalam beberapa kasus, Anda harus menggunakan sumber daya untuk suatu nilai dalam XML (misalnya, untuk menerapkan gambar yang dapat digambar pada widget), namun Anda juga bisa menggunakan sumber daya di XML mana saja yang menerima nilai sederhana. Misalnya, jika Anda mempunyai file sumber daya berikut yang berisi sumber daya warna dan sumber daya string :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
   <color name="opaque_red">#f00</color>
   <string name="hello">Hello!</string>
</resources>
Anda bisa menggunakan sumber daya ini dalam file layout berikut untuk mengatur warna teks dan string teks :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<EditText xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="fill_parent"
    android:textColor="@color/opaque_red"
    android:text="@string/hello" />
Dalam hal ini, Anda tidak perlu menyebutkan nama paket dalam sumber daya acuan karena sumber daya berasal dari paket Anda sendiri. Untuk mengacu sumber daya sistem, Anda perlu memasukkan nama paketnya. Misalnya :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<EditText xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="fill_parent"
    android:textColor="@android:color/secondary_text_dark"
    android:text="@string/hello" />
Catatan : Anda harus menggunakan sumber daya string sepanjang waktu, sehingga aplikasi Anda bisa dilokalkan untuk bahasa lain. Untuk informasi tentang cara menciptakan sumber daya alternatif (seperti string lokal), lihat Menyediakan Sumber Daya Alternatif. Untuk panduan lengkap melokalkan aplikasi Anda ke bahasa lain, lihat Pelokalan.
Anda bahkan bisa menggunakan sumber daya dalam XML untuk membuat alias. Misalnya, Anda bisa membuat sumber daya dapat digambar yang merupakan alias bagi sumber daya dapat digambar lainnya :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<bitmap xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    android:src="@drawable/other_drawable" />
Hal ini terdengar berlebihan, namun bisa sangat berguna saat menggunakan sumber daya alternatif. Baca selengkapnya tentang Membuat sumber daya alias.

Mengacu atribut gaya

Sumber daya atribut gaya memungkinkan Anda mengacu nilai suatu atribut dalam tema yang diterapkan saat ini. Dengan mengacu sebuah atribut gaya memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan elemen UI dengan menata gayanya agar cocok dengan beragam variasi standar yang dipasok oleh tema saat ini, sebagai ganti memasok nilai yang ditanamkan (hard-coded). Mengacu sebuah atribut gaya pada dasarnya adalah "gunakan gaya yang didefinisikan oleh atribut ini, dalam tema saat ini".

Untuk mereferensikan sebuah atribut gaya, sintaks namanya hampir sama dengan format sumber daya normal, namun sebagai ganti simbol (@), gunakan sebuah tanda tanya (?), dan bagian tipe sumber daya bersifat opsional. Sebagai contoh:

?[<package_name>:][<resource_type>/]<resource_name>
Misalnya, begini cara Anda mengacu suatu atribut untuk mengatur warna teks agar cocok dengan warna teks "utama" tema sistem :

<EditText id="text"
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="wrap_content"
    android:textColor="?android:textColorSecondary"
    android:text="@string/hello_world" />
Di sini, atribut android:textColor menetapkan nama atribut gaya dalam tema saat ini. Android kini menggunakan nilai yang diterapkan pada atribut gaya android:textColorSecondary sebagai nilai untuk android:textColor dalam widget ini. Karena alat sumber daya mengetahui bahwa atribut sumber daya diharapkan dalam konteks ini, maka Anda tidak perlu menyatakan tipenya secara eksplisit (yang akan berupa ?android:attr/textColorSecondary)—Anda bisa mengecualikan tipe attr.

Mengakses Sumber Daya Platform

Android berisi sejumlah sumber daya standar, seperti gaya, tema, dan layout. Untuk mengakses semua sumber daya ini, tetapkan acuan sumber daya Anda dengan nama paket android. Misalnya, Android menyediakan sumber daya layout yang bisa Anda gunakan untuk item daftar dalamListAdapter :

setListAdapter(new ArrayAdapter<String>(this, android.R.layout.simple_list_item_1, myarray));
Dalam contoh ini, simple_list_item_1 adalah sumber daya layout yang didefinisikan oleh platform untuk item di ListView. Anda bisa menggunakannya sebagai ganti menciptakan layout sendiri untuk item daftar. Untuk informasi selengkapnya, lihat panduan developer Tampilan Daftar.

Share on Facebook
Share on Twitter

Admin PAI : Deris_07

Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk Berkunjung ke PAI - Portal Android Indonesia blog yang membahas seputar android, aplikasi dan tutorial lainnya yang bersangkutan dengan android, semoga dengan adanya artikel tentang Mengakses Sumber Daya ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan anda semua..

Dan terimakasih sudah membaca artikel kami kali ini, mengenai Mengakses Sumber Daya.. semoga artikel tersebut dapat bermanfaat, dan jangan lupa berikan tanggapanmu, mengenai Mengakses Sumber Daya ini..
Selamat Berkunjung Kembali...
1 / 3
Bank Neo Commerce ( BNC )
2 / 3
E-Wallet DANA (Top up Dana)
3 / 3
PayPal (Top up PayPal)